Friday 3 October 2008

9 Years Being Lecturer

1 September 1999, pertama kali saya dapat SK pengangkatan sebagai dosen tetap di STIE Indonesia...sejak saat itu semua tugas dan kewajiban sebagai tenaga pengajar melekat pada saya...waktu pertama kali masuk kelas tentu saja saya tidak langsung independen...waktu itu saya diminta 'magang' di beberapa kelas...antara lain kelas advanced nya ibu nursanita nasution, kelas pengantar akuntansi nya bapak windratno, kelas akuntansi biaya nya bapak said khaerul...dan pernah di beberapa kelas yang lain...waktu pada akhirnya saya diberi amanah kelas juga tetap kelas itu dibawah pantauan dosen yang lebih senior...tapi ga lama...akhirnya saya dipercaya juga untuk mengelola my own class...tapi kelas apa ya...saya udah lupa...

Pertama kali masuk kelas, baik yang kelas magang or kelas mandiri...nervous selalu ada...bisa ga ya "menguasai" kelas...dengan penampilan yang imut-imut kayak gini...apakah mahasiswa mau mendengarkan aapa yang saya sampaikan...? Lama-kelamaan akhirnya groginya berkurang juga...

Dan alhamdulillah, saya diberi kesempatan untuk melanjutkan studi S2 oleh STEI tahun 2001, banyak pihak yang membantu merekomendasikan saya, sampai akhirnya Bapak Johan Syarief (Ketua STEI waktu itu) bersedia memberikan bea siswa...tahun 2004 saya berhasil menyelesaikan kuliah dari Universitas Gadjah Mada dan kembali mengajar di STEI sampai hari ini...

Menjadi dosen...satu hal yang tidak pernah ada dalam agenda saya...tapi yang empunya nasib ternyata menginginkan saya untuk berkecimpung dalam dunia ini...saya tetap belajar...dengan jam terbang yang masih minim...masih banyak hal yang harus dipelajari...banyak sekali sumber belajar yang saya dapatkan..dari membaca buku, dari rekan sejawat seangkatan, dari dosen-dosen saya (yang sekarang juga menjadi mitra kerja), dari lingkungan, dari karyawan dan tentu saja dari mahasiswa...

Menjadi dosen...begitu banyak hal yang harus dilakukan...impian berikutnya adalah bisa melanjutkan studi S3 (tapi harus cari beasiswa dulu nihh...)...dan tentu saja impian-impian dan harapan-harapan hidup yang lain...pursue your dreams....

Menjadi dosen...begitu banyak hal baik yang bisa kita lakukan untuk orang lain...berbagi ilmu, membuka wawasan, memperluas jaringan...

9 tahun menjadi dosen...mudah-mudahan bukan sekedar angka-angka...mudah-mudahan dengan bertambahnya angka bertambah pula kebaikan-kebaikan dalam diri ...

No comments: